BAB V1
PROSEDUR PELAKSANAAN EVALUASI
Tugas Ini Dibuat Untuk
Memenuhi Penilaian Dari Mata Kuliah
Evaluasi Pendidikan
Dosen Pengampu : Dra. Praptiningsih, M.Si
Di Susun Oleh:
Ika Mindarsih 11310008
Churun Ainun Zahro 11310003
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
(UNDARIS)
2013
PROSEDUR PELAKSANAAN EVALUASI
Pekerja mengevaluasi ada prosedur sendiri, meskipun perlu untuk ditekankan,
bahwa pekerjaan mengevaluasi itu lebih tepat untuk dipandang sebagai suatu proses
yang kontinu, suatu kontinu proses yang tidak terputus – putus, tetapi ada
gunanya juga mengetahui prosedur apa sajakah yang merupakan titik – titik
penghubung dari proses yang bersifat kontinu .
Prosedur evaluasi memiliki langkah – langkah
pokok yang dapat diganti dengan kata taraf. Sehingga proses evaluasi dapat dibagi
menjadi tiga taraf yaitu:
1. Taraf persiapan,
2. Taraf pelaksanaan dan
3. Taraf pengobatan.
Perincian langkah – langkah pokok yang harus diperhatikan dalam
melakukan evaluasi yaitu sebagai berikut :
1.
Langkah Perencanaan (Termasuk Atau Tidak
Termasuk Perumusan Kriterium, Bergantung Keadaan)
Untuk memperoleh pembahasan yang agak hidup marilah kita gunakan hipotesis
sebagai titik tolak, atau frane of reference dan untuk menyederhanakan sajian
yang akan disajikan.
Apa sajakah yang perlu dilakukan sebagai persiapan untuk mengusahakan
adanya evaluasi yang sebaik mungkin. Evaluasi
yang sebaik mungkin dimaksudkan dalam situasi yang khusus evaluasi itu
betul-betul dapat dipahami secara pasif literature dalam vak-vak pendidikan.
Agar dapat memahmi bacan-bacaan
vak dalam taraf perencanaan ini dapat diperhatikan dalam membuat soal berikut
contoh soal yang baik:…
Soal pertama : merumuskan kriterium yang akan kita
pergunakan untuk menyusun kriterium yang lebih jelas dan terperinci.
Soal dua : merencakan soal-soal yang
berhubungan dengan pertanyaan bentuk evaluasi yang akan dipergunakan kemudian.
Soal ketiga : mengambil keputusan yang memiliki
gambaran yang cukup jelas. Misalnya dalam fase pertama menekankan pertumbuhan
dalam penguasaan istilah-istilah dasar seperti: education, instruksion, growth, learning, developmental test, dsb.
Dari seluruh uraian yang disajikan tentang
soal-soal yang perlu dilaksanakan dalam taraf perencanaan , jelas kiranya
maksud yang terkandung dalam kalimat yang disebutkan diatas, bahwa sukses atau
tidaknya suatu evaluasi pada hakikatnya turut menentukan baik tidaknya
perencanaan.
2.
Langkah Pengumpulan Data
Soal pertama yang kita hadapi untuk
menyelesaikan langkah ini ialahmenentuan data apa sajakah yang kita butuhkan
untuk melakukan tugs evaluasi yang kita hadapi dengan baik.
Melakukan perincian aspek – aspek yang
merupakan suatu petunjuk untuk menentukan data yang akan digunakan untuk
evaluasi .
Selanjutnya memilih alat yag akan
dipergunakan. Namun di Indonesia alat – alatnya telah distandarisasikan maka
biasanya ini merupakan soal penyusunan atau kontruksi.
3.
Langkah Perifikasi Data
Secara
sepintas telah dibahas bahwa dalam pengumpulan data harus disaring terlebih
dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Data yang membutuhkan verifikasi adalah
data yang kita terima dari pihak lain mengenai orang yang sedang dievaluasi
jadi bukan data yang kita peroleh sebagai hasil observasi.
4.
langkah
Pengolahan Data
Langkah pengolahan data dilakukan untuk
memberikan “makna” terhadap data yang ada pada kita. Macam-macam jenis
pengolahan yang dapat dilihat bahwa ada beberapa macam jenis
pengolahan yang dapat dilakukan terhadap sekumpulan data .Pengolahan
yang kita hadapi sekarang sebagai
seorang evaluator adalah menentukan
pengolahan mana sajakah yang harus kita lakukan
terhadap sekumpulan data pada sat tertentu.. Fungsi pengolahan data
dalam proses evaluasi yang perlu
disadari bahwa untuk memperoleh gambaran yang lengkap tentang diri seorang yang sedang di evaluasi
adalah langkah pengolahan data.
5.
Langkah
Penafsiran Data
Kalau kita melakukan suatu pengolahan terhadap sekumpulan suatu
pengolahan terhadap sekumpulan data,dengan sendirinya akan memperoleh “tafsir”
makna dat yang kita hadapi. Pembagian proses langkah-langkah tertentu ini
dilakukan untuk sekedar memperioleh gambaran lebih jelas mengenai sistematis
pekerjaan evaluasi.
6.
Langkah Meningkatkan Daya Serap Peserta Didik
Hasil
pengukuran memiliki fungsi utama untuk memeperbaiki tingkat penguasaan
peserta didik . Hasil pengukuran secara umum dapat membantu ,memperjelas tujuan
instraksional,menentukan kebutuhan peserta didik , dan menentukan keberhasilan
peserta dalam proses pembelajaran.
·
Memperjelas tujuan intruksional
Dalam
satuan pelajaran tidak perlu dituliskan semua tujuan instruksional yang ingin
dikembangkan tetapi dipilih yang pokok dan yang penting saja .
·
Penilaian awal yang menetukan kebutuhan
peserta didik
Tes awal digunakan sebagai pelengkap atas catatan
kemjuan yang diterima dari sekolah,atau sumber yang dapat digunkan untuk
merancang program yangb sesuai dengan kemepuan peserta didik.
·
Memonitor kemajuan peserta didik
Monitoring
kemjuan peserta didik selam proses pembelajaran bertujuan untuk mengarahkan
peserta didik pada jalur yang membawa hasil-hasil belajar yang maksimal.
Monitoring dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus menerus.
7.
Laporan
Hasil Penelitian
Laporan merupakan bukti sejauh mana
tujuan pendidikan yang diharapkan oleh anggota masyarakat,khususnya orangtua
peserta didik dapat tercapai.
·
Laporan kemajuan umum
Ø Berbentuk
fisik,dapat dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti pameran dan
pertandingan pameran diisi dengan:
o
menunjukan karya ilmiah, misalnya :
laporan kunjungan tempat,laporan pekerjaan laboratorium,laporan penemuan baru.
o
Menunjukan karya seni, seni lukis,seni
tari,seni drama,seni hasil karya bengkel.
Ø Berbentuk
media, laporan dalam bentuk media cetak maupun media elektronika.
·
Laporan kemajuan khusus
Bersifat
pribadi.laporan ditunjukan khusus untuk orangtua peserta didik .Laporan
disampaikan melalui:
Ø Pertemuan
dengan orangtua peserta didik
Dengan adanya
pertemuan tatap muka ,kedua belah pihak akan membagi informasi tenteng peserta
didik.Sehingga masalah yang dihadapi di sekpolah maupun dirumah bias dicari
jalan keluarnya demi keberhasilan peserta didik.
Ø Buku
laporan kemajuan atau buku rapor
Dalam buku rapor
mencakup hasil kegiatan individu yang menyangkut
penembangan kogintif (proses berpikir), psikomotorik (ketrampilan),dan afektif(apresiasi,kreatifitas,ketelitian,kerjasama,kecermatan,
dan sebagainya).
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking