Share It

Maandag, 01 April 2013

prosedur pelaksanaan evaluasi pembelajaran



BAB V1
PROSEDUR PELAKSANAAN EVALUASI
Tugas Ini Dibuat Untuk Memenuhi Penilaian Dari Mata Kuliah
Evaluasi Pendidikan
Dosen Pengampu : Dra. Praptiningsih, M.Si



 










Di Susun Oleh:
Ika Mindarsih                                         11310008
Churun Ainun Zahro                              11310003



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
(UNDARIS)
2013
PROSEDUR PELAKSANAAN EVALUASI

Pekerja mengevaluasi ada prosedur sendiri, meskipun perlu untuk ditekankan, bahwa pekerjaan mengevaluasi itu lebih tepat untuk dipandang sebagai suatu proses yang kontinu, suatu kontinu proses yang tidak terputus – putus, tetapi ada gunanya juga mengetahui prosedur apa sajakah yang merupakan titik – titik penghubung dari proses yang bersifat kontinu .
Prosedur evaluasi memiliki langkah – langkah pokok yang dapat diganti dengan kata taraf. Sehingga proses evaluasi dapat dibagi menjadi tiga taraf yaitu:
1.      Taraf persiapan,
2.      Taraf pelaksanaan dan
3.      Taraf pengobatan.

Perincian langkah – langkah pokok yang harus diperhatikan dalam melakukan evaluasi yaitu sebagai berikut :
1.                  Langkah Perencanaan (Termasuk Atau Tidak Termasuk Perumusan Kriterium, Bergantung Keadaan)
Untuk memperoleh pembahasan yang agak hidup marilah kita gunakan hipotesis sebagai titik tolak, atau frane of reference dan untuk menyederhanakan sajian yang akan disajikan.
Apa sajakah yang perlu dilakukan sebagai persiapan untuk mengusahakan adanya evaluasi yang sebaik mungkin. Evaluasi yang sebaik mungkin dimaksudkan dalam situasi yang khusus evaluasi itu betul-betul dapat dipahami secara pasif literature dalam vak-vak pendidikan.
 Agar dapat memahmi bacan-bacaan vak dalam taraf perencanaan ini dapat diperhatikan dalam membuat soal berikut contoh soal yang baik:…
Soal pertama         : merumuskan kriterium yang akan kita pergunakan untuk menyusun kriterium yang lebih jelas dan terperinci.
Soal dua                : merencakan soal-soal yang berhubungan dengan pertanyaan bentuk evaluasi yang akan dipergunakan kemudian.
Soal ketiga            : mengambil keputusan yang memiliki gambaran yang cukup jelas. Misalnya dalam fase pertama menekankan pertumbuhan dalam penguasaan istilah-istilah dasar seperti: education, instruksion, growth, learning, developmental test, dsb.
Dari seluruh uraian yang disajikan tentang soal-soal yang perlu dilaksanakan dalam taraf perencanaan , jelas kiranya maksud yang terkandung dalam kalimat yang disebutkan diatas, bahwa sukses atau tidaknya suatu evaluasi pada hakikatnya turut menentukan baik tidaknya perencanaan.

2.               Langkah Pengumpulan Data
Soal pertama yang kita hadapi untuk menyelesaikan langkah ini ialahmenentuan data apa sajakah yang kita butuhkan untuk melakukan tugs evaluasi yang kita hadapi dengan baik.
Melakukan perincian aspek – aspek yang merupakan suatu petunjuk untuk menentukan data yang akan digunakan untuk evaluasi .
Selanjutnya memilih alat yag akan dipergunakan. Namun di Indonesia alat – alatnya telah distandarisasikan maka biasanya ini merupakan soal penyusunan atau kontruksi.

3.      Langkah Perifikasi Data
         Secara sepintas telah dibahas bahwa dalam pengumpulan data harus disaring terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Data yang membutuhkan verifikasi adalah data yang kita terima dari pihak lain mengenai orang yang sedang dievaluasi jadi bukan data yang kita peroleh sebagai hasil observasi.

4.      langkah Pengolahan Data
         Langkah pengolahan data dilakukan untuk memberikan “makna” terhadap data yang ada pada kita. Macam-macam jenis pengolahan yang dapat dilihat bahwa ada beberapa macam  jenis  pengolahan yang dapat dilakukan terhadap sekumpulan data .Pengolahan yang  kita hadapi sekarang sebagai seorang evaluator  adalah menentukan pengolahan mana sajakah yang harus kita lakukan  terhadap sekumpulan data pada sat tertentu.. Fungsi pengolahan data dalam  proses evaluasi yang perlu disadari bahwa untuk memperoleh gambaran yang lengkap  tentang diri seorang yang sedang di evaluasi adalah langkah pengolahan data.

5.      Langkah Penafsiran Data
         Kalau kita melakukan  suatu pengolahan terhadap sekumpulan suatu pengolahan terhadap sekumpulan data,dengan sendirinya akan memperoleh “tafsir” makna dat yang kita hadapi. Pembagian proses langkah-langkah tertentu ini dilakukan untuk sekedar memperioleh gambaran lebih jelas mengenai sistematis pekerjaan evaluasi.

6.      Langkah  Meningkatkan Daya Serap Peserta Didik
Hasil  pengukuran memiliki fungsi utama untuk memeperbaiki tingkat penguasaan peserta didik . Hasil pengukuran secara umum dapat membantu ,memperjelas tujuan instraksional,menentukan kebutuhan peserta didik , dan menentukan keberhasilan peserta dalam proses pembelajaran.
·         Memperjelas tujuan intruksional
Dalam satuan pelajaran tidak perlu dituliskan semua tujuan instruksional yang ingin dikembangkan tetapi dipilih yang pokok dan yang penting saja .
·         Penilaian awal yang menetukan kebutuhan peserta didik
Tes awal digunakan sebagai pelengkap atas catatan kemjuan yang diterima dari sekolah,atau sumber yang dapat digunkan untuk merancang program yangb sesuai dengan kemepuan peserta didik.
·         Memonitor kemajuan peserta didik
Monitoring kemjuan peserta didik selam proses pembelajaran bertujuan untuk mengarahkan peserta didik pada jalur yang membawa hasil-hasil belajar yang maksimal. Monitoring dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus menerus.

7.      Laporan Hasil Penelitian
         Laporan merupakan bukti sejauh mana tujuan pendidikan yang diharapkan oleh anggota masyarakat,khususnya orangtua peserta didik dapat tercapai.
·         Laporan kemajuan umum
Ø  Berbentuk fisik,dapat dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti pameran dan pertandingan pameran diisi dengan:
o   menunjukan karya ilmiah, misalnya : laporan kunjungan tempat,laporan pekerjaan laboratorium,laporan penemuan baru.
o   Menunjukan karya seni, seni lukis,seni tari,seni drama,seni hasil karya bengkel.
Ø  Berbentuk media, laporan dalam bentuk media cetak maupun media elektronika.

·         Laporan kemajuan khusus
Bersifat pribadi.laporan ditunjukan khusus untuk orangtua peserta didik .Laporan disampaikan melalui:
Ø  Pertemuan dengan orangtua peserta didik
Dengan adanya pertemuan tatap muka ,kedua belah pihak akan membagi informasi tenteng peserta didik.Sehingga masalah yang dihadapi di sekpolah maupun dirumah bias dicari jalan keluarnya demi keberhasilan peserta didik.
Ø  Buku laporan kemajuan atau buku rapor
Dalam buku rapor mencakup hasil kegiatan individu  yang menyangkut penembangan kogintif (proses berpikir), psikomotorik (ketrampilan),dan afektif(apresiasi,kreatifitas,ketelitian,kerjasama,kecermatan, dan sebagainya).

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking