Maandag 01 April 2013

Tujuan Pendidikan



Tujuan pendidikan
Tugas Ini Dibuat Untuk Memenuhi Penilaian Dari Mata Kuliah
Perencanaan Pengajaran PKn

Dosen Pengampu : Dr. Sutomo,S. Pd,M.Pd




 










Disusun Oleh:
Churun Ainun Zahro                           11310003


                                                 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
(UNDARIS)
2013

Tujuan Pendidikan SD,SMP,SMA dan Perguruan Tinggi

Empat jenjang tujuan Pendidikan di dalamnya terdapat tujuan diantaranya:
1.      Tujuan Pendidikan Nasional
·         Tujuan umum pendidikan nasional Indonesia adalah Pancasila.
·         Tujuan pendidikan secara nasional telah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Perspektif kebijakan pendidikan nasional yang dituangkan dalam Permendiknas RI No. 52 Tahun 2008 tentang Standar Proses menyatakan bahwa salah satu komponen dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu adanya tujuan pembelajaran yang di dalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. W. James Popham dan Eva L. Baker (2005) menegaskan bahwa seorang guru profesional harus merumuskan tujuan pembelajarannya dalam bentuk perilaku siswa yang dapat diukur yaitu menunjukkan apa yang dapat dilakukan oleh siswa tersebut sesudah mengikuti pelajaran.
·         Tujuan Pendidikan Nasional
Diatur dalam Bab II Ps 3 UU No 20 Tahun 2003
Berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,Berakhlak mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.

2.      Tujuan Institusional
·         Tujuan institusional yaitu tujuan yang menjadi tugas dari lembaga pendidikan tertentu untuk mencapainya.
·         Tujuan Pendidikan Nasional merupakan tujuan umum yang harus dikembangkan ke dalam tujuan institusional yakni tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat lembaga pendidikan . Hasil pencapaian dari tujuan institusional ini berwujud tamatan sekolah yang mampu melaksanakan bidang pekerjaan tertentu dan atau mampu dididik lebih lanjut menjadi tenaga professional dalam bidang tertentu dan pada jenjang tertentu pula ( misalnya pendidikan SD, SMP, SMA, dan pendidikan tinggi ).

3.      Tujuan Kurikuler
·         Tujuan kurikuler, yaitu tujuan bidang studi atau tujuan mata pelajaran.
·         Tujuan kurikuler  merupakan penjabaran dari tujuan institusional yakni tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat mata pelajaran atau bidang studi. Hasil pencapaiannya akan berwujud pada siswa yang menguasai disiplin mata pelajaran atau bidang studi yang dipelajarinya. ( misalnya bidang studi : Geografi, Sejarah, Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, dan lain-lain ).

4.      Tujuan Instraksional
·         Tujuan instruksional , tujuan pokok bahasan dan sub pokok bahasan disebut tujuan instruksional, yaitu penguasaan materi pokok bahasan/sub pokok bahasan.
·         1. Robert F. Mager (1962). Tujuan instruksional sebagai tujuan perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi tingkat kompetensi tertentu.
 2. Eduard L. Dejnozka dan David E. Kavel (1981). Tujuan instruksional adalah suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam bentuk perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan. Perilaku ini dapat berupa fakta yang tersamar (covert).
 3. Fred Percival dan Henry Ellington (1984). Tujuan instruksional adalah suatu pernyataan yang jelas enunjukkan penampilan atau keterampilan siswa tertentu yang diharapkan dapat dicapai sebagai hasil belajar.
Dalam proses belajar-mengajar, Tujuan Istruksional terbagi menjadi dua yaitu:
a)      Tujuan Instruksional Umum yang menggariskan hasil-hasil di aneka bidang studi yang harus dicapai oleh siswa.
b)      Tujuan Istruksional Khusus (TIK) yang merupakan penjabaran dari Tujuan Instruksional Umum yang menyangkut satu pokok bahasan atau topik pelajaran tertentu sebagai tujuan pengajaran yang kongkrit dan spesifik, yang dianggap cukup berharga, wajar dan pantas yang dapat direalisasikan dan bertahan lama untuk tercapainya tujuan instruksional umum.
Tujuan Instruksional Khusus (TIK) dapat dibedakan menjadi dua aspek yakni:
a. Aspek jenis perilaku yang dituntut dari siswa
b. Aspek isi (content) yakni aspek terhadap hal yang harus dilaksanakan

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking