Tujuan pendidikan
Tugas Ini Dibuat Untuk
Memenuhi Penilaian Dari Mata Kuliah
Perencanaan Pengajaran PKn
Dosen Pengampu : Dr.
Sutomo,S. Pd,M.Pd
Disusun Oleh:
Churun
Ainun Zahro 11310003
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
(UNDARIS)
2013
Tujuan Pendidikan
SD,SMP,SMA dan Perguruan Tinggi
Empat jenjang tujuan
Pendidikan di dalamnya terdapat tujuan diantaranya:
1.
Tujuan Pendidikan Nasional
·
Tujuan umum pendidikan nasional Indonesia adalah Pancasila.
·
Tujuan
pendidikan secara nasional telah tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar
(UUD) 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Perspektif kebijakan pendidikan
nasional yang dituangkan dalam Permendiknas RI No. 52 Tahun 2008 tentang Standar
Proses menyatakan bahwa salah satu komponen dalam penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu adanya tujuan pembelajaran yang di
dalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai
oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. W. James Popham dan Eva L.
Baker (2005) menegaskan bahwa seorang guru profesional harus merumuskan tujuan
pembelajarannya dalam bentuk perilaku siswa yang dapat diukur yaitu menunjukkan
apa yang dapat dilakukan oleh siswa tersebut sesudah mengikuti pelajaran.
·
Tujuan Pendidikan Nasional
Diatur
dalam Bab II Ps 3 UU No 20 Tahun 2003
Berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,Berakhlak
mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri dan menjadi warganegara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
2.
Tujuan Institusional
·
Tujuan institusional yaitu tujuan yang menjadi tugas dari lembaga
pendidikan tertentu untuk mencapainya.
·
Tujuan
Pendidikan Nasional merupakan tujuan umum yang harus dikembangkan ke dalam
tujuan institusional yakni tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat
lembaga pendidikan . Hasil pencapaian dari tujuan institusional ini berwujud
tamatan sekolah yang mampu melaksanakan bidang pekerjaan tertentu dan atau
mampu dididik lebih lanjut menjadi tenaga professional dalam bidang tertentu
dan pada jenjang tertentu pula ( misalnya pendidikan SD, SMP, SMA, dan
pendidikan tinggi ).
3. Tujuan Kurikuler
·
Tujuan kurikuler, yaitu tujuan bidang studi atau tujuan mata
pelajaran.
·
Tujuan
kurikuler merupakan penjabaran dari tujuan institusional yakni tujuan
pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat mata pelajaran atau bidang studi.
Hasil pencapaiannya akan berwujud pada siswa yang menguasai disiplin mata
pelajaran atau bidang studi yang dipelajarinya. ( misalnya bidang studi :
Geografi, Sejarah, Matematika, Biologi, Bahasa Inggris, Fisika, dan lain-lain
).
4.
Tujuan Instraksional
·
Tujuan instruksional , tujuan pokok bahasan dan sub pokok bahasan
disebut tujuan instruksional, yaitu penguasaan materi pokok bahasan/sub pokok
bahasan.
·
1. Robert F. Mager (1962). Tujuan instruksional sebagai tujuan
perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi
tingkat kompetensi tertentu.
2. Eduard L. Dejnozka dan David E. Kavel
(1981). Tujuan
instruksional adalah suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam
bentuk perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk
menggambarkan hasil belajar yang diharapkan. Perilaku ini dapat berupa fakta
yang tersamar (covert).
3. Fred Percival dan Henry Ellington (1984). Tujuan instruksional adalah suatu
pernyataan yang jelas enunjukkan penampilan atau keterampilan siswa tertentu
yang diharapkan dapat dicapai sebagai hasil belajar.
Dalam
proses belajar-mengajar, Tujuan Istruksional terbagi menjadi dua yaitu:
a) Tujuan Instruksional Umum yang
menggariskan hasil-hasil di aneka bidang studi yang harus dicapai oleh siswa.
b) Tujuan Istruksional Khusus (TIK)
yang merupakan penjabaran dari Tujuan Instruksional Umum yang menyangkut satu
pokok bahasan atau topik pelajaran tertentu sebagai tujuan pengajaran yang
kongkrit dan spesifik, yang dianggap cukup berharga, wajar dan pantas yang
dapat direalisasikan dan bertahan lama untuk tercapainya tujuan instruksional
umum.
Tujuan
Instruksional Khusus (TIK) dapat dibedakan menjadi dua aspek yakni:
a.
Aspek jenis perilaku yang dituntut dari siswa
b.
Aspek isi (content) yakni aspek terhadap hal yang harus dilaksanakan
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking